Beranda Dishub

BERITA / INFORMASI PUBLIK

media teknologi informasi / komunikasi dan penunjang sistem,smart city,kukar,kutai kartanegara,kaltim,kalimantan timur,indonesia,inovasi,edukasi,berita,update,kejadian,terbaru,terkini,hari ini

Beseperah Erau Adat Kutai Tahun 2022

28 September 2022

Beseperah Erau Adat Kutai Tahun 2022

DISHUB KUKAR MENGIKUTI ACARA BESEPERAH DALAM ERAU ADAT PELAS BENUA DAN HARI JADI KOTA TENGGARONG KE-240 TAHUN.

 

Dalam rangkaian upacara Erau dan hari jadi Kota Tenggarong yang ke-240 tahun,terdapat salah satu tradisi menarik. Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara ikut bergabung dalam salah satu acara pesta adat Beseprah yang dilaksanakan pada Kamis (29/09/2022) lalu, bertempat di halaman Museum Mulawarman dan sekitarnya.

Kutai Kartanegara masih sangat menjunjung tinggi nilai adat dan budaya yang mereka miliki, salah satunya adalah Beseprah. Beseprah merupakan tradisi sarapan massal dengan cara duduk bersila diatas tikar yang diikuti dan dihadiri oleh masyarakat dari berbagai status sosial yang beragam. Masyarakat yang hadir akan duduk secara berkelompok dan mengelilingi santapan yang telah disediakan.

Sejak pagi hari pukul 07.00 WITA sebelum acara kegiatan Baseprah dimulai, masyarakat sangat terlihat antusias dan sibuk menyiapkan berbagai macam makanan yang akan disantap bersama-sama. Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara menyiapkan berbagai jenis makanan yang disajikan diatas hamparan kain putih, seperti: buras, nasi kebuli, gorengan, kue cincin, dan lain-lain.

Pada kegiatan Baseprah Erau yang dilaksanakan pada Kamis, (29/09/2022) Sultan dan kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, serta berbagai macam instansi pemerintahan di lingkungan Kabupaten Kutai Kartanegara bersama-sama menyantap hidangan yang telah tersaji dengan rukun dan akrab. Meskipun masyarakat yang hadir pada acara tersebut dari beragam status sosial, namun saat kegiatan Baseprah berlangsung tidak terasa adanya perbedaan.

LABEL :

ERAU 2022