BERITA / INFORMASI DISHUB

Zona Selamat Sekolah

10 Oktober 2019

Zona Selamat Sekolah

Zona Selamat Sekolah [ZoSS]

Kelompok usia pelajar sekolah merupakan kelompok yang paling rawan mengalami kecelakaan lalu lintas, yang mana hal tersebut disebabkan karena tidak sedikit lokasi sekolah yang berdekatan dengan jalan raya dan pergerakan pelajar di sekolah untuk berangkat dan pulang sekolah serta dengan minimnya pengetahuan akan keselamatan lalu lintas di jalan. 

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM 16 Tahun 2016 Tentang Penerapan Rute Aman Selamat Sekolah [RASS] dan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : SK.3582 / AJ.403 / DRJD / 2018 Tentang Pedoman Teknis Pemberian Prioritas Keselamatan Dan Kenyamanan Pejalan Kaki Pada Kawasan Sekolah ,  Zona Selamat Sekolah yang selanjutnya disebut ZoSS adalah bagian dari kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas berupa kegiatan pemberian prioritas keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki pada kawasan sekolah.

Lihat Juga :
Tujuh kondisi dimana Pengendara bermotor harus mengurangi kecepatannya

Zona Selamat Sekolah di Kota Tenggarong Kutai Kartanegara

Zona Selamat Sekolah [ZoSS}
Di Wilayah Kota Tenggarong Kutai Kartanegara

Penerapan ZoSS ini dilakukan pada intinya adalah untuk melindungi pejalan kaki [anak sekolah] dari bahaya kecelakaan lalu lintas, di mana pengendara yang berada dalam zona sekolah harus mengurangi dan menggunakan kecepatan dalam kondisi rendah.

Sebaiknya berhati-hati dalam berkendara, khususnya saat melintas di depan sebuah sekolah. Budayakan tertib berkendara dan utamakan keselamatan dalam berkendara/berlalu lintas.

 



TAGS :

ZONA SELAMAT SEKOLAH, BERITA / INFORMASI DISHUB, DISHUB KUTAI KARTANEGARA

SHARE :
Facebook Twitter