KONDISI GEOGRAFIS DAN IKLIM KUTAI KARTANEGARA

Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara

KONDISI GEOFRAFIS

Kabupaten Kutai Kartanegara mempunyai luas wilayah 27.263,10 km² terletak antara 115º26’ Bujur Timur dan 117º36’ Bujur Timur    serta diantara 1º28’ Lintang Utara dan 1º08’ Lintang Selatan. Dengan adanya perkembangan dan pemekaran wilayah , Kabupaten Kutai Kartanegara dibagi menjadi 18 kecamatan.

Kedelapan belas kecamatan tersebut  adalah  Samboja ,  Muara Jawa , Sanga-Sanga , Loa Janan , Loa Kulu , Muara Muntai , Muara Wis , Kota Bangun , Tenggarong , Sebulu , Tenggarong Seberang ,  Anggana , Muara Badak , Marang Kayu , Muara Kaman , Kenohan , Kembang Janggut dan Tabang.

Kabupaten Kutai Kartanegara mempunyai belasan sungai yang tersebar pada hampir semua kecamatan dan merupakan sarana angkutan utama di samping angkutan darat , dengan sungai yang terpanjang  Sungai Mahakam dengan panjang sekitar 980 kilometer.

Nama Dan Jumlah Sungai Di Kabupaten Kutai Kartanegara

Nama nama sungai yang berada di wilayah Kutai Kartanegara

Kutai Kartanegara  merupakan wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Bulungan ,  Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang di sebelah utara , Selat Makassar sebelah timur , Kabupaten  Penajam Pasir Utara dan Kota Balikpapan di sebelah selatan , dan dengan Kabupaten Kutai Barat di sebelah barat.

Daratan   Kabupaten  Kutai Kartanegara    tidak  terlepas   dari gugusan gunung dan pegunungan yang terdapat hampir di seluruh Kecamatan, yaitu ada sekitar 10 gunung . Gunung yang paling tinggi di Kutai Kartanegara yaitu Gunung Lengkup dengan ketinggian 485 meter yang terletak di wilayah Kecamatan Loa Kulu.  Sedang untuk danau di Kutai Kartanegara berjumlah sekitar 16 buah , danau yang paling luas yaitu Danau Semayang dengan luas 13.000 hektar.

Nama Dan Jumlah Danau di Kabupaten Kutai Kartanegara

Nama Danau yang berada di wilayah Kutai Kartanegara

 KEADAAN IKLIM

Kabupaten Kutai Kartanegara termasuk wilayah yang beriklim tropis yang memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau . Hal tersebut dapat dilihat dari data berikut yang menunjukkan bahwa curah hujan tidak merata pada tiap bulannya . Curah hujan tertinggi pada bulan Januari yaitu 306 mm dengan jumlah hari hujan 18 . Sedangkan Curah Hujan terendah ada pada bulan Agustus yaitu 74 mm dengan jumlah hari hujan 6.  [Data Tahun 2018 BPS Kutai Kartanegara}

Grafik Curah Hujan Kutai Kartanegara Tahun 2018

Grafik Perkiraan Sebaran Curah Hujan Pada tiap Bulannya
di Wilayah Kutai Kartanegara [Tahun 2018]



     LIHAT JUGA :