Beranda Dishub

media teknologi informasi / komunikasi dan penunjang sistem,smart city,kukar,kutai kartanegara,kaltim,kalimantan timur,indonesia,inovasi,edukasi,berita,update,kejadian,terbaru,terkini,hari ini

PEMBATASAN SOSIAL BERSEKALA BESAR DALAM RANGKA PERCEPATAN PENANGANAN CORONA VIRUS DISEASE 2019/COVID-19



Pemerintah Republik Indonesia telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah [PP] Nomor 21 Tahun 2020 yang ditetapkan pada tanggal 31 Maret 2020 tentang pembatasan sosial bersekala besar dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease 2019 [covid-19] yang merupakan aturan pelaksanaan dari Undang-undang Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan , melalui peraturan ini , Pemerintah Daerah dapat melakukan pembatasan sosial bersekala besar atau pembatasan terhadap pergerakan orang dan barang untuk satu provinsi atau kabupaten atau kota tertentu.

Sebelum melakukan pengajuan permohonan penetapan  , ada beberapa-hal penting yang harus diperhatikan dalam pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar, karena kebijakan tersebut  harus didasarkan pada pertimbangan epidemiologis , besarnya ancaman , efektifitas , dukungan sumber daya, teknis operasional , pertimbangan politik , ekonomi , sosial , budaya , pertahanan dan keamanan.

Pembatasan sosial berskala besar harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

  • Jumlah kasus dan atau jumlah kematian akibat penyakit meningkat dan menyebar secara signifikan dan cepat ke beberapa wilayah; dan
  • Terdapat kaitan epidemiologis dengan kejadian serupa di wilayah atau negara lain.

Untuk proses permohonan penetapan, terlebih dahulu di ajukan oleh Kepala Daerah atau bisa juga atas rekomendasi langsung dari Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kepada Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan.

Sebelum mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2020 Pemerintah terlebih dahulu menetapkan Status Darurat Kesehatan Masyarakat Covid-19 melalui Keppres Nomor 11 Tahun 2020. Coronavirus atau Covid-19 ditetapkan sebagai jenis penyakit yang menimbulkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat. Hal itu berdasarkan pertimbangan penyebaran Coronavirus yang bersifat luar biasa dengan ditandai jumlah kasus dan jumlah kematian yang meningkat dan meluas.

 

 

DOWNLOAD PDF :
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Bersekala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 [Copid-19].

DISHUB.KUKARKAB.GO.ID
WEBMASTER 31 MARET 2020