dinas perhubungan kutai kartanegara_menuju smart city smart governmet

SURAT EDARAN NOMOR 4 TAHUN 2020 TENTANG PEMBATASAN PERJALANAN ORANG DALAM RANGKA PERCEPATAN PENANGANAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 / COPID-19

 

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 RI , Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Dalam konferensi pers di Graha BNPB , Rabu [6/5/2020] Beliau mengungkapkan alasan penerbitan surat edaran ini disebabkan antara lain karena banyak pemahaman yang beranggapan masyarakat boleh melakukan perjalanan seperti mudik maupun pulang kampung [seperti sebelum terjadi pedemi copid-19].

Pemberlakuan surat edaran ini  dimulai sejak di tandatangani atau dari tanggal 6 Mei 2020 hingga 31 Mei 2020 dan akan di perpanjang sesuai kebutuhan , serta didalam surat edaran ini juga diatur beberapa persyaratan perjalanan orang atau pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat maupun perjalanan orang yang anggota keluarganya sakit keras atau meninggal dunia :

  • Menunjukkan identitas diri [KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah].
  • Menunjukkan surat rujukan dari Rumah Sakit untuk pasien yang akan melakukan pengobatan di tempat lain.
  • Menunjukkan surat keterangan kematian dari tempat almarhum  / almarhumah [untuk kepentingan mengunjungi keluarga yang meninggal dunia].
  • Menunjukkan hasil negatif copid-19 berdasarkan PCR Test  /  Rapid Test atau surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan / Rumah Sakit / Puskesmas / Klinik Kesehatan.

Isi surat edaran Gugus Tugas juga memberikan pengecualian untuk bisa melakukan kegiatan yang berhubungan dengan penanganan epidemi copid-19, siapa yang dikecualikan ? antara lain adalah Aparatur Sipil Negara , TNI / POLRI , pegawai BUMN , lembaga usaha , dan lembaga swadaya masyarakat yang berhubungan dengan percepatan penanganan epidemi copid-19, jadi untuk bisa di pahami diluar kepentingan percepatan penangan epidemi copid-19 tetap tidak di perbolehkan untuk melakukan perjalanan [mudik , pulang kampung].

Lihat selengkapnya Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 :

 

 

DOWNLOAD PDF :
Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Copid-19 RI Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Kreteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus / COPID-19.

DISHUB.KUKARKAB.GO.ID
WEBMASTER 6 MEI 2020